Senin, 06 April 2009

Perangko seri "2009 Lindungi Kawasan Kutub & Gletser"

Kawasan kutub adalah wilayah yang terletak pada posisi paling ujung dalam peta dunia, yaitu Arctic di sebelah utara dan Antartic di selatan. Disebut sebagai wilayah yang rawan, kedua wilayah ini ditandai oleh temperatur yang sangat rendah, musim dingin yang panjang dengan sinar matahari yang sedikit. Salju hampir menutupi seluruh kawasan ini. Sebagian besar wilayah lautnya juga tertutup es sepanjang waktu. Saat ini lautan es kutub semakin berkurang akibat pemanasan global.

Gletser adalah bongkahan es yang bergerak secara perlahan dan terbentuk dari lapisan salju yang berubah bentuk dan mengalir akibat gravitasi dan tekanan yang tinggi. Setelah lautan, gletser adalah sumber air bersih terbesar kedua di bumi. Gletser menutup sebagian besar wilayah kutub dan bisa ditemukan di wilayah pegunungan di setiap benua.

Perlindungan terhadap kawasan kutub dan gletser kini menjadi perhatian global. Dampak pemanasan bumi di kawasan ini akan meluas ke seluruh penjuru dunia. Hal ini akan mengakibatkan perubahan iklim global, tingkat permukaan laut, keragaman hayati serta berbagai aspek sosial dan ekonomi. Pemanasan wilayah kutub serta mencairnya gletser memerlukan perhatian segera dari para pengambil keputusan dan masyarakat dunia.


SHP SS seri "Lindungi Kawasan Kutub & Gletser"
Deskripsi : SHP di bubuhi souvenir sheet 2@2500
Harga : Rp 7.000,-




Tidak ada komentar:

Posting Komentar